Kamis, 24 Juli 2014

MENGATASI LOW MEMORY ANDROID TANPA ROOT

MENGATASI LOW MEMORY ANDROID TANPA ROOT, hanya dengan menghapus file yang tidak diperlukan.

I. PENDAHULUAN
Kamu pengguna hape android yang punya masalah dengan memori? Memori internal kecil, memori internal tiba-tiba penuh tanpa tau penyebab penuhnya memori internal tersebut.

Sudah banyak artikel yang memaparkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, di antaranya swap memori, partisi memori, dan move to sdcard.
1. Swap memori adalah pengalihan fungsi memori eksternal menjadi memori internal, dan memori internal menjadi dianggap memori eksternal.
Syaratnya hape harus di-root.
2. Partisi memori adalah mempartisi memori eksternal jadi tiga partisi; storage file, memori internal buatan untuk sistem (menggunakan ruang di memori eksternal), dan swap.
Ini juga harus di-root dan instal aplikasi-aplikasi tertentu. Tanpa rooting, hanya akan mengurangi kapasitas memori eksternal saja, karena partisi baru tidak akan terbaca.
3. Move to sdcard adalah cara mengurangi isi memori internal dengan memindahkan file-file pendukung aplikasi ke sdcard/memori eksternal. Cara ini tanpa root.
Apabila tertarik dengan cara di atas, browsing saja artikel yang berisi swap memori android,partisi sdcard, dan move to sdcard. Ga perlu dijelaskan di sini.

II. PEMBAHASAN
Berdasarkan pengalaman, berkurangnya memori pada android secara tanpa disadari adalah hal biasa. Namun akan bete sekali ketika muncul notifikasi "low memori" pada status bar kita.

Cara mengatasi kapasitas memori yang berkurang (isi memori yang terus bertambah tanpa kita sadari) dan tanpa root adalah dengan menghapus file yang tidak kita perlukan. Gampang sekali bukan.

Cara ini saya temukan berdasarkan pengalaman, jadi kalau kamu mau mengikuti langkahnya, resiko ditanggung kamu sendiri ya.
Langkahnya seperti yang akan saya paparkan di bawah ini:
1. Buka ekspoler hape kamu, kalau saya sih pake aplikasi ES Explorer.
2. Cari memori internal kamu, bisa jadi nama partisinya SdCard0.
3. Di dalam SdCard0 ada folder Android. (Buka folder Android)
4. Di dalam folder Android ada folder Data. (Buka folder Data)
5. Di dalam folder Data ada folder-folder yang penamaannya rumit, misalnya "com.facebook.dst" ; "com.estrong.dst". Dan pasti banyak folder yang lainnya lagi.
SdCard0 -> Android -> Data -> folder-folder yang banyak




6. Hapus folder-folder di dalam folder "Data" tersebut. Biarkan folder "Data" menjadi kosong. Nanti juga keisi dengan sendirinya. Semakin banyak kamu menggunakan aplikasi, semakin banyak data/file yang masuk ke folder "Data" tersebut.
7. Ruang kosong di memori internal akan bertambah.

III. Kesimpulan
Ada sampah dari kinerja aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan. File-file yang harus kamu hapus itu sampahnya.
Saya menemukan cara ini dari pengalaman pribadi. Hape saya Samsung Galaxy Young S6310. Lalu saya praktekan pada tablet Beyond B899 milik saudara saya.


*Untuk membuktikan bertambah-tidaknya ruang kosong di memori internal, lebih baik cek dulu berapa sisa memori internal hape kamu.
*Resiko kamu yang menanggung.

2 komentar:

  1. Numpang tanya, semua file didata itu dihapus semua ya?

    BalasHapus
  2. Iya, dihapus semua. Resiko ditanggung sendiri ya.
    pengalaman saya, efek samping ngehapus folder di dlm data itu bakal ngehapus update-an.
    Gini deh contohnya:
    -Saya pake app Pixlr Express, nah saya ngedownload effect2 buat ngedit foto di pixlr express.
    -Setelah saya hapus folder di dlm data, effect yang udah saya download harus saya download lagi. Karena di dalam data itu effect (pixlr express) downloadan td disimpen.
    -kalo suka maen game, mending jangan ngehapus file di dlm folder data itu. Mungkin perkembangan permainannya jg ikut kehapus.

    BalasHapus