Selasa, 21 Juni 2016

PUNCLUT / PUNCRUT / PENCLUT

Rasa penasaran tentang sebuah nama tempat di perbatasan kota dan kabupaten Bandung, yakni Punclut muncul ketika saya bersepeda ke sana.
Sepulang dari sana, saya membuka kamus bahasa Sunda R.A. Danadibrata, dan menghasilkan tulisan di bawah:
------------------
Oke.. Daerah yang berada di bagian atas Ciumbuleuit yang berhadapan dengan wilayah Lembang, ada yang menyebut Puncrut, ada pula yang menyebut Punclut.

Ada yang menarik, kata puncrut dalam kamus (Bahasa Sunda) bersaudara dengan kata muncrut, iya, berurusan dengan buang air besar. Dalam bahasa Indonesia, muncrut berarti eek yang mencret.

Tapi, apabila kita lihat keadaan geografisnya kata yang lebih tepat untuk tempat tersebut yaitu penclut. Penclut berarti ponclot, ponclot adalah puncak yang lancip ke atas.


Foto di atas adalah foto bapa dan paman saya, saya yang mengambil foto. Bangunan di belakang mereka adalah warung si Ema. Warung yang selalu kami tuju jika bersepeda ke daerah Punclut, untuk ngopi di hari Minggu.
--------------------
Postingan asli dalam bahasa Sunda, diposting di facebook saya, 28 Pebruari 2016.

Okéy.. Daérah luhureun Ciumbuleuit nu paeunteung-eunteung jeung Lémbang aya nu nyebut Puncrut aya ogé nu nyebut Punclut.

Aya nu menarik, kecap puncrut téh dina kamus mah dulurna muncrut, enya, éta urusan kabeuratan. Sedengkeun kecap punclut teu kapanggih dina kamus.

Tapi, upama ningali kaayaan géografisna aya kecap nu leuwih merenah keur éta tempat, kecapna nya éta penclut. Penclut téh ponclot,ponclot téh puncak nu nyungcung.

* kamus R.A. Danadibrata
** éfék sasapédahan tuluy ngopi di warung Si Ema.
*** nu dipoto: bangunan warung Si Ema, bapa, jeung emang guwéh. Tempat: Penclut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar