Jumat, 01 Juli 2016

BERSEPEDA KE KANTOR PMI

***Yang bermanfaat dari tulisan ini adalah informasi syarat-syarat mendonor darah. Informasinya ada di bawah.***
Rabu, 29 Juni 2016
Selepas magrib saya bersepeda. Berangkat dari rumah sendiri. Janji bertemu seorang kawan di angkringan dekat kampus ITB (Bandung). Nama kawanku Imu. Angkringan yang saya tuju berada di jalan Gelap Nyawang. Sayang angkringan yang dituju tutup, lantas kami menyusuri warung tenda di sepanjang Gelap Nyawang sampai menemukan penjual nasi goreng di sana. Aku memesan nasi goreng dan kawanku memesan pecel endeso.
Sambil makan, kami menyusun rencana. Akan ke kantor PMI lalu ke alun-alun kota Bandung. Kalo kalian ingin tau alun-alun kota Bandung dan masjid rayanya, buka saja instagram wali kota Bandung, Ridwan Kamil, lalu scrol-scrol sampai ketemu poto pemandangan alun-alunnya.
Beberapa saat setelah makan, kami melanjutkan bersepeda. Rute yang kami pilih yaitu Gelap Nyawang, Ciung Wanara (kalo tidak salah), Cikapayang, Ir. H. Djuanda, dan belok di jalan dekat taman flexy (saya lupa namanya, pokonya dekat 3 store), masuk ke daerah distro-distro, ke daerah Wira Angun-angun yang ada distro Maternal, tapi kami lurus saja sampai ke jalan Bahureksa, belok ke jalan Banda yang ada Jonas. Lalu lanjut ke jalan Riau / Martadinata, belok di stopan yang ada KFC, teruuuuus, sampai di perempatan stadion Siliwangi dan belok ke jalan Aceh. Di Jalan Acehlah kantor PMI bandung berada.
Di bulan Ramadhan, kantor PMI buka 24 jam (kata kawanku).
Saya di sana tidak mendonor darah. Cuma Imu yang mendonor. Tapi saya jadi tau syarat-syaratnya. Saya posting di bawah ya.







Foto 1: biar keliatan ada kue mari
Foto 2: foto bungkus vitamin, syarat donor dara bagian 1.
Foto 3: foto bungkus vitamin, syarat donor darah bagian 2.


  1. Dalam keadaan sehat.
  2. Usia antara 17-60 tahun.
  3. Berat badan minimal 45 Kg untuk setiap donasi darah sebanyak 350 ml.
  4. Tekana darah:- Sistolik : 100 – 160 mmHg- Diastole : 70 – 100 mmHg)
  5. Suhu tubuh calon donor tidak lebih dari 37 C.
  6. Jarak dengan donasi terakhir minimal 2,5 bulan (10 minggu) Untuk donor usia 60 – 65 tahun jarak donasi 6 bulan.
  7. Tidur malam sebelum donasi donor cukup minimal 5 jam.
  8. Sudah sarapan atau makan.
  9. Bagi wanita tidak sedang haid/hamil/menyusui.
  10. Tidak pecandu alkohol dan narkotik.
  11. Tidak mempunyai riwayat penyakit:- Tekanan darah tinggi / rendah- Kurang darah (anemia)- Penyakit gangguan pembekuan darah- Kencing manis(diabetes melitus)- Penyakit infeksi yang ditularkan melalui transfusi darah  (hepatitis, malaria, sifilis, HIV, dll)- Ayan, kejang, kanker.(sumber: bungkus vitamin PT. Corsa Industries)

Agar infonya lebih kuat, saya jelaskan syarat-syarat tersebut saya foto dari bungkus vitamin yang diberikan pihak PMI kepada pendonor. 
Hujan turun, kawanku melakukan prosedur pendonoran, dan saya menunggu di suatu pojok sambil menikmati kue mari yang disediakan di setiap meja tunggu di kantor PMI. Ada petugas konsumsi di PMI yang datang mengantar makanan penuh gizi kepada saya, tapi saya tolak. Karena "rumasa" tidak mendonorkan darah. Konsumsi itu kan untuk orang-orang yang telah mendonorkan darahnya.

Sampai hujan reda, malam sudah larut, rencana ke alun-alun pun batal. Kami pulang, berpisah di dekat Taman Makam Pahlawan. Aku pulang ke daerah Dago, kawanku -Imu pulang ke Padasuka.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar