Rabu, 30 April 2014

Malam Ini Saya Tidak Bisa Tidur

Malam ini saya tidak bisa tidur.
Segala posisi terasa tidak nyaman.
Dan seketika pikiran saya terbang, melamun.
Ada beberapa hal yang saya bayangkan.
Hal-hal indah tentunya.
Namun melamun terhenti ketika saya ingat pada suatu bagian isi buku yang belum selesai saya baca
(bagian yang belum tentu ditafsirkan/difahami dengan benar).
“Keindahan dalam realitas cuma suatu khayalan, yang kita julukan pada realitas dengan imajinasi kita.”
“Sebetulnya keindahan itu diciptakan oleh imajinasi kita, tetapi di dalam realitas/alam, tidak ada keindahan yang sesungguhya.”
Kutipan di atas, terdapat pada halaman-halaman awal buku “Hubungan Estetik Seni dengan Realitas”, karya Chernyshevsky. Buku yang belum selesai saya baca, kata-kata (tejemahannya) terlalu sering membuat dahi berkerut.
Malam ini saya tidak bisa tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar